Translate / Terjemah Bahasa

Senin, 19 Oktober 2020

SEJARAH DAN PROFIL YAYASAN KUN KARIMA - Rangkasbitung Banten

 


Yayasan Kun Karima atau biasa disebut dengan Kun Karima Foundation merupakan lembaga pendidikan islam yang menaungi beberapa jenjang pendidikan yaitu Kelompok Bermain (Kober), Taman Kanak-kanak (TK) Islam dan Sekolah Dasar (SD) Islam yang semuanya bernama Insan Karima. Berdirinya Kober, TK dan SD Islam Insan Karima Rangkasbitung adalah pengembangan dari TK Islam Insan Karima yang ada di Kabupaten Pandeglang yang lebih dulu berdiri yakni pada tahun 2007 yang merupakan realisasi cita-cita dari Yayasan Kun Karima untuk ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Yayasan Kun Karima sebagai elemen fungsional masyarakat Lebak yang konsen pada bidang pendidikan, merasa perlu merespon situasi tersebut dalam rangka mendidik dan mencerdaskan masyarakat Lebak khususnya, sebagai salah satu bentuk tanggungjawab syi’ar dan da’wah Islam serta pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu kami berencana mengembangkan pendidikan anak usia dini (PAUD) seperti Taman Kanak-Kanak, Play Group (Kelompok Bermain), dan Sekolah Dasar Islam disamping MTs dan SMA Kun Karima (Pondok Pesantren Kun Karima, La Tansa 3 - Pandeglang) dan Perguruan Tinggi yang sedang kami kelola. Untuk pengembangan pendidikan usia dini tersebut sudah dibuat manajemen secara mandiri dengan badan hukum tersendiri, yang disebut, “YAYASAN KUN KARIMA“ dan nama “INSAN KARIMA“.

Menurut para ahli pendidikan, dari hasil risetnya menyimpulkan bahwa pendidikan usia dini sangat penting dan strategis keberadaanya dilihat dari kepentingan pengembangan SDM muslim yang handal dan profesional di masa mendatang. Karena pendidikan usia dini adalah pondasi bagi karakter, kepribadian dan moral seorang anak yang amat dibutuhkan di samping kemampuan skill dan intelektualnya dalam kehidupan di masa dewasa kelak. Maka menjadi sangat penting bagi setiap komponen masyarakat terutama Dinas Pendidikan untuk memperhatikan upaya-upaya pendidikan anak usia dini separti Sekolah Dasar Islam, Taman Kanak-Kanak atau Play Group.

Yayasan Kun Karima berdiri pada tanggal 14 Desember 2007 berdasarkan Akta Notaris H. Sunarya, SH, Nomor : 65 dengan susunan kepengurusan sebagai berikut:

Badan Pembina               : Hj. Nenah Hasanah

Badan Pengawas             : KH. Adrian Mafatihullah Kariem, MA

Ketua Yayasan                 : Dr. K.H. Soleh, S.Ag, M.M

Bendahara                          : Hj. Ernawati Sulhatul Imamah, M.Pd.I

Sekretaris                           : Huriyah Agustini, SE, MM

BMT / LKMS                      : Euis Azizah, SE.

Penelitian                           : Noviyati, A.Ma.Pd

Islamic Outbond              : Taufik Hidayat, S.Pd.I

Pesantren Kilat                : Mahmudin, S.HI, M. Si

Anggota                               :

1.       Ahmad Faisal Hadziq, S.Sos.I, MM

2.       Zakiyyatunnufus, SE., MM

3.       Huriyah Agustini, SE., MM

4.       Hj. Khaerunnisa, M.Kes

5.       Ahmad Fairuz Nahiduddin, S.Pd.I

Para pengurus Yayasan Kun Karima ini merasa berkewajiban untuk lebih banyak berbuat membantu pemerintah dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945. Oleh karena itu, dalam ikut serta mengusahakan pembangunan khususnya di bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), setelah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, maka Yayasan Kun Karima merealisir suatu gagasan dengan bentuk pendidikan Kober, TK dan SD Islam.

Pada tahap awal yayasan Kun Karima mendirikan jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak yang beralamat di Jalan Gunung Karang Kp. Cengkel, Cilaja, Majasari, Pandeglang, Banten yang kemudian melakukan pengembangan di Rangkasbitung, Lebak, Banten dengan mendirikan Taman Kanak-kanak Insan Karima, Kober Insan Karima dan Sekolah Dasar Islam Insan Karima. Pengembangan Yayasan Kun Karima-pun dilakukan di Pandeglang untuk jenjang sementara MTs dan SMA yang semuanya bernama Kun Karima dibawah naungan Pondok Pesantren Kun Karima La Tansa 3 yang mulai pada tahun 2017. Pondok Pesantren Kun Karima berdiri dalam bentuk Boarding School asrama untuk para santri (menetap).

Diharapkan Yayasan Kun Karima ini dapat berpartisipasi dan berperan serta secara aktif dalam rangka menghubungkan keadaan sekarang dan masa depan, serta sekaligus dapat merupakan penghubung antara dunia ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan kebutuhan nyata masyarakat yang sekarang sedang berkembang.

Seiring dengan realisasi cita-cita para pendiri Yayasan Kun Karima maka untuk memantapkan penyelenggaraan program pendidikan dan proses belajar mengajar dalam lingkungan Yayasan Kun Karima, pimpinan Yayasan Kun Karima sejak awal telah mengusahakan dan menyediakan sarana prasarana, dana dan ketenagaan serta fasilitas lainnya sesuai dengan keperluan dan kemampuan yayasan tersebut.

Dalam mengemban visi, misi, tujuan, fungsi, dan tugas Yayasan Kun Karima dipimpin oleh :

Ketua Yayasan                 : 1. Dr. H. Soleh, S.Ag., MM

                                                  2. Ernawati Sulhatul Imamah, M.Pd.I

BPPM                                   : 1. Mahmudin, S.Hi., M.Si.,

                                                  2. Ahmad Zulfi Ali Dawas, S.Pd.I

Kepala Sekretariat          : Asep Fahrurozi, M.Kom

Staff Keuangan                 : Nofan Budi Santoso, S.Pd.I

Staff Administrasi           : Taufik Hidayat, S.Pd.I

Staff Humas                       : Al Hudri, S.Pd.I

 

Kepala SDI Insan Karima            : Al Hudri, S.Pd.I

Kepala TK Insan Karima              : Retno Dwi Yanti, S.Pd

Kepala Kb Insan Karima              : Seni Mariana, S.Pd

Untuk dapat memantapkan kemampuan dan ketegaran sebagai lembaga pendidikan tinggi yang harus berperan serta secara nyata dalam pembangunan di bidang pendidikan, dan mengingat laju pembangunan di segala bidang, dapat diperkirakan bahwa tantangan yang dihadapi oleh Yayasan Kun Karima bertambah berat.

Sesuai dengan era pembangunan dan mencerdaskan kehidupan bangsa pada saat ini dan mendatang, siswa-siswa yang cerdas dan terampil, khususnya di bidang Agama Islam, akan semakin banyak dibutuhkan untuk generasi selanjutnya. Untuk menghasilkan siswa yang terampil tersebut Yayasan Kun Karima harus dapat menyediakan fasilitas fisik pendidikan, dana, daya atau tenaga yang memadai, kurikulum yang relevan dengan program-program pendidikan yang diselenggarakan serta melaksanakan disiplin kerja yang efektif efisien. Selain itu yayasan Kun Karima harus tetap mengemban misinya yaitu :

1.         Menjadi wahana belajar yang didukung oleh sarana prasarana belajar yang bernuansa islami, nyaman, asri dan bertekhnologi.

2.         Mendidik siswa dengan kondusif, efektif, kreatif, dan cinta islam.

3.         Membangun harmonis dan seimbang dengan lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KENDALA PEMANFAATAN TIK GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN

  MAKALAH KENDALA PEMANFAATAN TIK GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN     Disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah: TIK dan D...